Sunday, September 14, 2014

Materi Lengkap Jenis Text Bahasa Inggris

Jenis teks bahasa Inggris yang lengkap mencakup narrative text, recount, procedure, report, analytical exposition, explanation, discussion, descriptive, news item, spoof, hortatory exposition, dan yang terkhir adalah review text.
Ke 12 jenis text bahasa Inggris wajib dipelajari oleh siswa dan siswi SMA yang sedang mempelajari bahasa Inggris di sekolah. Metode berbasis text ini dinaggap lebih mengena mengingat fungsi utama bahasa adalah berbahasa lisan dan tulisan. Untuk itu model pembelajarannya pun beralih dari fokus struktur dan tata bahasa menjadi text based approach. Apa dan bagiaman ke 12 jenis text bahasa Inggris tersebut?


1. Text Narrative
Apa itu narrative? Definisi dari narrative yang paling sederhana adalah sebagai cerita. Cerita berarti ada pelaku cerita dan juga ada masalah diantara para pelaku sehingga alur cerita tersebut berkembang. Lebih lengkapnya lihat link materi belajar teks narrative dibawah ini:

2. Text Recount
Apa dan bagaimana recount text itu? Sebenarnya kalau sudah belajar narrative, text recount seharusnya menjadi lebih mudah. Ke 2 jenis teks tersebut masuk kategory menceritakan "retelling" apa yang telah dialami oleh pelaku cerita. Bedanya dalam recount text, tidak pelu dikembangkan adanya pertentangan diantara para tokoh cerita. Untuk lebih jelasnya lihat materi lengkap recout text berikut!

3. Text News Item
Pernah baca berita? Itulah bentuk news item text dalam bahasa Inggris. Lalu apa pengertian news item itu? Karena berhubungan dengan berita maka teks ini adalah tulisan yang menceritakan kejadiah harian yang mana kejadian itu atau peristiwa tersebut harus mempunyai nilai berita. Salah satu nilai berita dalam peristiwa adalah keunikan peristiwa tersebut. Agar tidak bertele-tele lihat links materi lengkap text news item berikut!

4. Text Report
Apa itu teks report? Apakah report disini sama maksudnya dengan laporan yang biasa kita kenal? Report text dalam belajar bahasa Inggris didefinisikan sebagi teks yang memberiakn informasi suatu benda, tempat dan orang secara umum. Topik pembhasanya dari 3 objek itupun kemudian harus bersifat kelompok, species, jenis, group dan laiinya. Bagaimana conto text report itu? Lihat link materi lengkap text report dibawah ini!

 5. Text Analytical Exposition
Text jenis ini adalah tulisan yang dimaksudkan sebagai wadah berexpresi bagi penulisannya. Hampir semui tulisan opini di surat kabar dan majalah adalah jenis analytical exposition ini. Dalam belajar bahasa Inggris di tingkat SMA analytical exposition didefinisikan sebagai jenis teks yang burusaha menunjukkan pembacanya bahwa ada susuatu yang perlu untuk dipikirkan. Agar lebih mudah memahaminya, lihat materi lengkap text analytical exposition berikut ini!

6. Text Explanation
 Apa itu explanation? Kalu diartikan dalam kamus, explanation adalah penjelasan. Lalu bagaimana jenis text yang menjelaskan ini didefinisikan? Explanation text adalah jenis text yang khusus mencoba menjelasakan bagaimana suatu gejala itu terjadi. Disamping itu jenis text ini juga menjawab pertanyaan kenapa suatu gejala tersebut harus terjadi. Untuk lebih lengkapnya lihat link berikut sebagai materi lengkap epxlanation text bahasa Inggris berikut!

7. Text Discussion 
Apa itu discussion text dalam belajar bahasa Inggris? Jenis teks ini adalah tulisan yang memberikan perimbangan pendapat terhadap suatu issue atau gagasan. dalam prakteknya jenis teks ini berwujud tulisan yang menyajikan pendapat PRO dan CONTRA terhadapa suatu issue atau gagasan. Agar lebih jelas, kami berikan links lengkap materi tex discussion bahasa Inggris berikut ini:

8. Text Descriptive
Apa itu teks descriptive? Bagaimana teks ini ditulis dalam bahasa Inggris? Jenis teks descriptive adalah tulisan yang menjelasakan atau menggambarkan bentuk rupa kelakuan fungsi dan  sifat object secara khusus. Umunya objek yang digambarakan adalah orang, benda atau tempat. Ingat perbedaan yang palin mudah diliahat dengan report adalah descriptive bersifat khusus, sedang report itu bersifat umum. Maka agar lebih komplit pemahaman terhadap descriptive text, lihat links tulisan materi lengkap tentang descriptive text berikut ini:

9. Text Procedure 
Apa itu procedure text dalam belajar bahasa Inggris? Kenis teks ini adalah mirip dengan explanation namun lebih bersifat perintah. Procedure text kadang juga disebut instruction text yaitu suatu tulisan bahasa Inggris yang memberikan petunjuk cara dan langkah mengerjakan suatu kegiatan. Rata-rata  text procedure ini ditulis dengan kaimat imperative. Aolihat link ateri lengkap teks procedure dibawah ini:

10. Text Spoof 
Apa itu spoof dalam bahasa Inggris? Spoof text adalah text cerita yang sangat mirip dengan narrative namun diakhir cerita, spoof ditutup dengan slaur yang tak terduga dalam plotnya. Fungsi alur tak terduga ini dimaksudkan sebagai "pengeco" pembaca suapaya merasa terlibat dalam cerita dan akhirnya mendapatkan pengalaman yang unik dan lucu setelah merasa terkecoh. Materi lengkap jenis text spoof, lihat dibawah ini!

11. Text Hortatory Exposition 
Apa itu hortatory exposition text itu?  Jenis text ini sangat mirip dengan analytical exposition namun akhir dari tulisan, hortatory lebih bersifat rekomendasi atau saran sedan analytical exposition hanya bersifat kesimpulan. Hortatory bertujuan untuk mempengaruhi pembacanya supaya bertindak tanduk sperti penulisanya. Contoh dan materi lengkap jenis text horatory ini ada dibawah ini!
Berbagai macam jenis teks bahasa Inggris diatas adalah pembagian yang kita kenal dengan istilah "genres" dan tidak boleh dibuat pusing dengan "form". Form adalah bentuk teks bahasa Inggris sperti iklan, pengumuman, nota, catata, pidato dan lainnya tulisan text bahasa Inggris This is the game for learning English for more see HERE for English texts Online

No comments:

Post a Comment